Bos BCA Prediksi Suku Bunga BI Turun Usai Pengumuman Bank Sentral AS
Wednesday, July 24, 2024       20:11 WIB

Jakarta, Detik Finance - Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) hingga saat ini masih ditahan di level 6,25%. Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk () (BCA) Jahja Setiaatmadja memperkirakan BI masih melihat gerak-gerik bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve dalam melakukan penyesuaian suku bunga.
Menurutnya, apabila ada langkah penurunan suku bunga yang dilakukan The Fed, kemungkinan besar BI juga bakal melakukan penurunan suku bunga.
"Sesudah The Fed menurunkan suku bunga mungkin di bulan September, sesudah itu mungkin 0,25 atau 25 basis poin, BI bisa saja menurunkan bunga," kata Jahja dilansir dari Antara, Rabu (24/7/2024).
Jahja memandang BI akan mengeluarkan kebijakan baru apabila The Fed mulai memangkas suku bunga yang diproyeksikan terjadi pada kuartal keempat 2024.
Namun, Jahja mengingatkan BI tentunya mempertimbangkan berbagai aspek terlebih dahulu sebelum memutuskan apakah BI-Rate turun atau tetap, seperti melihat kebutuhan likuiditas di pasar, kurs dolar AS terhadap rupiah, hingga pertumbuhan kredit.
"Jadi, itu saya pikir pertimbangan-pertimbangannya yang akan diambil oleh BI sebelum menetapkan suku bunga turun ataukah tetap," kata Jahja.
(hal/hns)

Sumber : DETIK FINANCE
An error occurred.