BCA (BBCA) Salurkan Rp250 Miliar Lewat Paylater hingga Juni 2024
Thursday, July 25, 2024       08:56 WIB

IDXC hannel - PT Bank Central Asia Tbk () mencatat penyaluran kredit pada produk buy now pay later yakni Paylater BCA hingga Juni 2024 mencapai Rp250 miliar.
Adapun BCA dan entitas anak membukukan peningkatan total kredit sebesar 15,5 persen secara tahunan (YoY) menjadi Rp850 triliun pada semester I 2024.
"Sampai Juni sudah Rp250 miliar yang saldo dari paylater," kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam press conference kinerja BCA Semester I 2024, Rabu (24/7/2024).
Jahja memandang kehadiran paylater menjawab tantangan untuk masyarakat yang tidak memiliki akses ke uang tunai atau kartu kredit.
"Kenapa ada paylater? Nah ini sebenarnya basic-nya adalah kita tahu bahwa tidak semua orang bisa belanja dengan uang tunai. Artinya uang tunai itu uang yang ada di rekening dia," tutur Jahja.
Selain itu, Jahja mengatakan meskipun BCA bukanlah pelopor layanan ini, mereka turut serta mengembangkan produk tersebut untuk memenuhi kebutuhan konsumen modern.
"Sebenarnya kita akui paylater itu bukan BCA yang mulai ya. Jadi kita juga ikut digital produklah istilahnya. Kita lihat kok di e-commerce-e-commerce, fintech company, ada perkenalkan namanya paylater," jelas dia.
Pada pasar seperti ini, paylater dinilai menjadi salah satu sarana untuk memberi kesempatan pada saat masyarakat yang memang membutuhkan belanja barang tetapi mungkin kemampuan tunainya belum ada, sehingga pihaknya membantu dengan mekanisme BNPL .
"Nah tetapi tujuan utama kita adalah untuk mereka beli barang. Bukan diberikan uang tunai gitu. Atau paylater belakangan. Bukan itu tujuannya, membeli barang, kemudian bayarnya bisa belakangan," tutur Jahja.
Paylater BCA baru diluncurkan pada Oktober 2023 lalu. Fitur ini merupakan fasilitas kredit yang dapat digunakan sebagai alternatif pembayaran melalui scan QRIS di aplikasi myBCA.
Pembayaran kembalinya dapat dicicil dengan pilihan jangka waktu. Untuk bisa menggunakan fitur cicilan ini, nasabah harus sudah memiliki BCA ID.
BCA menawarkan limit kredit hingga Rp20 juta pada produk Paylater BCA dengan mekanisme revolving. Kemudian, pilihan tenor cicilan 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan.
Minimal transaksi Rp100.000. Lalu, transaksi di merchant QRIS dengan menggunakan aplikasi myBCA dan pembayaran tagihan mandatory melalui autodebet rekening BCA.

Sumber : idxchannel.com
An error occurred.