Gemuknya Postur Kabinet Prabowo - Gibran Bikin Rupiah Flat Siang Ini
Monday, October 21, 2024       12:31 WIB

Ipotnews - Harapan terhadap Kabinet Merah Putih Pemerintahan Prabowo - Gibran bercampur dengan kekhawatiran pelaku pasar pada jumlah menteri yang terlalu gemuk, membuat kurs rupiah flat terhadap dolar AS siang ini.
Mengutip data Bloomberg pada Senin (21/10) pukul 12.00 WIB, kurs rupiah tengah diperdagangkan di level Rp15.481 per dolar AS, sama persis alias flat dengan penutupan Jumat sore (18/10).
Senior Economist KB Valbury Sekuritas, Fikri C. Permana mengatakan pelaku pasar menyambut baik nama nama dalam tim ekonomi kabinet Prabowo - Gibran. "Dengan banyaknya nama - nama lama, pelaku pasar berharap waktu belajar dan waktu adaptasi para menteri menjadi tidak lama," kata Fikri saat dibutuhkan Ipotnews siang ini.
Tadi malam total 109 orang dipercayakan menjabat menteri dan wakil menteri pada Kabinet Merah Putih pemerintahan Presiden Prabowo Subianto. Susunan Kabinet Merah Putih telah diumumkan di Istana Negara, Jakarta, pada Minggu (20/10). malam.
Prabowo didampingi Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka dan Sufmi Dasco Ahmad mendampingi Presiden ke-8 RI merilis menteri dan wamennya.
Tim ekonomi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka didominasi wajah lama dan figur berlatar belakang politik. Di satu sisi, susunan menteri ekonomi itu membawa kesan stabilitas dan keberlanjutan.
Namun, profil kabinet seperti ini dikhawatirkan minim inovasi dan terobosan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional.
"Selain itu, juga ada kekhawatiran akan memperpanjang rantai birokrasi dan memperbanyak jumah aturan. Ini bisa membuat pemerintahan berjalan tidak efisien," pungkas Fikri.
(Adhitya)

Sumber : admin