Dow Jones dan S&P 500 Cetak Rekor Baru, Didorong Kenaikan Laba Netflix dan Saham Teknologi
Saturday, October 19, 2024       07:44 WIB

Ipotnews - Indeks Dow Jones Industrial Average ( DJIA ) dan S&P 500 mencatat rekor penutupan tertinggi pada hari Jumat. Nasdaq juga berakhir di zona positif. Pasar didukung oleh lonjakan harga saham Netflix yang dipicu oleh laporan laba, serta kenaikan lebih luas pada saham teknologi.
Ketiga indeks utama Wall Street berhasil mencatatkan kenaikan mingguan keenam berturut-turut, menjadi rentetan kenaikan terpanjang sejak akhir tahun 2023. Sepanjang minggu ini, S&P 500 naik 0,9%, Nasdaq Composite bertambah 0,8%, dan Dow Jones Industrial Average naik 1%.
Saham Netflix melonjak 11,1% hingga mencapai rekor tertinggi penutupan, setelah raksasa streaming ini melampaui perkiraan Wall Street dalam penambahan pelanggan dan memperkirakan pertumbuhan yang berkelanjutan hingga akhir tahun.
Sebagian besar saham teknologi yang dikenal sebagai "Magnificent Seven" dan telah mendorong reli Wall Street tahun ini, turut mengalami kenaikan. Apple naik 1,2% setelah data menunjukkan peningkatan tajam penjualan iPhone baru di Tiongkok, sementara raksasa chip Nvidia naik 0,8% setelah BofA Global Research meningkatkan target harga sahamnya.
Kenaikan Netflix juga mengangkat sektor layanan komunikasi sebesar 0,9%, menjadikannya sektor dengan kinerja terbaik di antara 11 sektor S&P 500, sementara sektor teknologi informasi naik 0,5%.
"Ini seperti pasar yang penuh dengan hal-hal positif," kata David Waddell, CEO Waddell & Associates, mengacu pada data ekonomi yang positif, disinflasi, serta laporan laba dan proyeksi yang optimis dari perusahaan-perusahaan di Amerika.
Pada hari Jumat, S&P 500 naik 23,20 poin atau 0,40% menjadi 5.864,67 poin. Sementara Nasdaq Composite naik 115,94 poin atau 0,63% menjadi 18.489,55. Dow Jones Industrial Average naik 36,86 poin atau 0,09% pada 43.275,91.
Bagi Dow Jones, ini adalah sesi kelima dalam enam sesi terakhir di mana indeks ini mencatatkan rekor penutupan tertinggi. Namun, kenaikannya pada hari Jumat tertahan oleh American Express (AXP.N), yang turun 3,1% setelah pendapatan kuartalannya meleset dari perkiraan.
Musim laporan laba perusahaan keuangan secara umum positif. Namun, indeks bank S&P turun 0,1%, menghentikan rangkaian kemenangan lima harinya. Laporan laba yang positif dari perusahaan keuangan, serta data ekonomi yang baik, telah membantu menjaga kenaikan indeks utama dalam beberapa hari terakhir.
Meskipun demikian, valuasi yang tinggi -- dengan S&P 500 diperdagangkan hampir 22 kali dari perkiraan laba ke depan -- ditambah ekspektasi tinggi terhadap hasil perusahaan dan potensi volatilitas terkait pemilihan presiden AS pada 5 November, bisa membuat saham rentan terhadap koreksi.
David Waddell dari Waddell & Associates menyatakan bahwa laba perusahaan yang kuat bisa mengatasi kekhawatiran politik atau valuasi yang terlalu tinggi. "Kami sudah mendapatkan semua yang bisa kami peroleh dari ekspansi multipel, jadi saya pikir jalan ke depan sepenuhnya bergantung pada laba," katanya. "Kami dipatok untuk laba yang cukup baik, jadi bisa menimbulkan gangguan jika tidak tercapai, tetapi tanpa resesi, saya pikir tren bullish masih bertahan."
Saham perusahaan dengan kapitalisasi kecil menarik minat investor dalam beberapa hari terakhir, dengan indeks Russell 2000 dan S&P Small Cap 600 mengungguli indeks utama selama minggu ini. Namun, kedua indeks saham kapitalisasi kecil tersebut sedikit melemah pada hari Jumat.
Sektor energi menjadi satu-satunya sektor S&P yang turun, dengan penurunan 0,4%, terbebani oleh harga minyak yang lebih rendah dan penurunan 4,7% pada SLB setelah melaporkan laba yang tidak sesuai harapan. Hal ini juga menarik turun penyedia jasa ladang minyak lainnya seperti Baker Hughes dan Halliburton masing-masing sebesar 1,3% dan 2,1%.
Indeks energi menjadi sektor dengan kinerja terburuk selama seminggu terakhir, turun 2,6%, karena harga minyak mentah AS anjlok 7% akibat kekhawatiran permintaan dari Tiongkok dan konflik yang sedang berlangsung di Timur Tengah.
CVS Health turun 5,2% setelah mengganti CEO Karen Lynch dengan David Joyner, seorang veteran perusahaan, dan menarik proyeksi laba tahun 2024. Berita ini juga mempengaruhi perusahaan asuransi kesehatan lainnya, termasuk Cigna dan Elevance Health dengan yang terakhir turun 3,1% dan ditutup pada level terendah dalam hampir 15 bulan.
Volume perdagangan di bursa AS mencapai 10,62 miliar saham, dibandingkan dengan rata-rata 11,56 miliar untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir.
(reuters)

Sumber : admin